PERIDOTSKYS.COM
Dunia Pendidikan

Benarkah minuman dengan kadar pH tinggi lebih menyehatkan?

0 141

Benarkah minuman dengan kadar pH tinggi lebih menyehatkan? – Air alkali atau minuman dengan keasaman (pH) tinggi dibanding dengan air biasa yaitu di atas tujuh mulai banyak ditemui di pasaran karena klaimnya yang lebih menyehatkan tubuh minuman ini sangat terkenal di beberapa kalangan.

Lengkapnya minuman ini bisa didapatkan secara alami pada sumber air yang melewati bebatuan yang kaya mineral. Umumnya air alkali bisa dibuat dengan menggunakan alat tertentu untuk mengubah komposisi dalam air atau menambahkan nutrisi tertentu yang dapat mengubah kadar pHnya atau elektrolisis.

Apa Anda mengetahui arti dari kadar keasaman (pH) pada air minum? Power of hydrogen atau disingkat Ph merupakan ukuran untuk menilai tingkat keasaman atau kebasaan suatu cairan. Skalanya dari angka 1 hingga 14.Air minum biasa memiliki kandungan pH sebesar 7, yang dianggap netral karena tidak memiliki kualitas asam ataupun basa. Jika kadar pH di bawah 7, air ini disebut asam contohnya adalah cuka. Sementara air dengan pH di atas 7 berarti basa atau alkali.

READ  Rekomendasi 5 Tempat Wisata di Jakarta Murah Meriah

Environmental Protection Agency (EPA) di Amerika Serikat merekomendasikan bahwa standar pH air minum yang baik adalah antara 6,5 dan 8,5.

Manfaat Air Alkali

Terlepas dari minuman ini masih jadi topik pembicaraan yang kontroversial. Beberapa penelitian menunjukkan bahwa air alkali dapat bermanfaat pada beberapa kondisi, yaitu:

  1. Air alkali diduga dapat menurunkan asam lambung
  2. Air alkali diduga dapat memperlambat pertumbuhan sel kanker
  3. Air alkali dinilai bermanfaat untuk kesehatan tulang
  4. Meningkatkan metabolisme
  5. Membantu menyerap nutrisi dengan lebih efektif
  6. Memperlambat proses penuaan

Ternyata selain dinilai mengandung beragam manfaat perlu diketahui juga bahwa minuman ini memiliki efek samping apabila dikonsumsi secara berlebihan seperti bisa menimbulkan rasa gatal, kulit kering, ataupun ketidaknyamanan pada perut dan menyebabkan alkalosis metabolik. Kondisi ini adalah ketika kadar basa dalam tubuh terlalu tinggi. Gejalanya meliputi mual, muntah, tangan gemetaran, otot berkedut, kesemutan pada tangan, kaki dan wajah serta merasa kebingungan.

READ  Tiket Pesawat Jakarta Malang Untuk Anda yang Ingin Berwisata Ke Malang

Perlu diingat juga air alkali tidak dianjurkan untuk dikonsumsi oleh penderita penyakit ginjal.

Ada pilihan lain yang dapat juga Anda coba selain air alkali yang tidak kalah banyak manfaatnya yaitu air mineral. Air ini bersumber dari pegunungan yang kaya akan mineral. Komponennya sendiri bermacam-macam dan bisa termasuk seng/zinc, zat besi, kalsium, dan magnesium [4]. Anda bisa mendapatkan air mineral yang terjamin kualitasnya dengan membeli AQUA. Berbeda dengan merek lain, air mineral AQUA berasal dari 17 sumber air pegunungan terpilih Indonesia dari Sabang sampai Merauke.

Sebelum mengalirkan kebaikan air kepada masyarakat Indonesia, banyak langkah yang dilakukan oleh AQUA. Salah satu yang paling utama adalah memilih sumber terbaik berdasarkan riset mendalam. Ada 9 kriteria dan 5 tahapan seleksi yang melibatkan para ahli geologi dan geohidrologi untuk memilihnya. Setidaknya butuh 1 tahun penelitian untuk menjalankan semua proses tersebut.

Setelah memilih sumber yang berada di kawasan alami untuk menjamin bebas kontaminasi dan pencemaran, AQUA terus menjaga kualitas sumbernya airnya dengan melakukan perlindungan berkelanjutan dan melakukan pengemasan yang menjaga kealamian air, langsung di dekat sumber airnya.

READ  Sekarang Tak Perlu Bingung, IRT pun Bisa Cek Pipa Air dengan Mudah! Begini Caranya

Berasal dari sumber air pegunungan, air mengalami penyaringan dan mineralisasi alami dari bebatuan vulkanis. Proses inilah yang menjadikan setiap tetes airnya kaya dengan mineral yang bermanfaat terkandung di dalamnya.

Jadi, sudahkah Anda minum AQUA hari ini?

Leave A Reply

Your email address will not be published.